Senin, 11 April 2011

Kaukus Papua Dukung Yogyakarta


JAKARTA, KOMPAS.com — Koordinator Nasional Kaukus Papua di Parlemen RI, Paskalis Kossay, menyatakan, pihaknya bersama elemen Melanesia di tanah Papua mendukung sepenuhnya aspirasi rakyat Yogyakarta sebagaimana yang tercetus dalam rapat paripurna DPRD setempat.

"Bahwa Gubernur dan Wakil Gubernur Yogyakarta harus melalui penetapan, bukan pemilihan langsung, merupakan nilai keistimewaan Yogyakarta tertinggi yang harus dipertahankan sampai kapan pun," katanya di Jakarta, Selasa (14/12/2010).

Mantan Wakil Ketua DPRD Provinsi Papua yang juga anggota Komisi I DPR RI (Bidang Pertahanan Keamanan dan Hubungan Luar Negeri) itu menambahkan, elite jangan terbiasa main-main dengan kebinekaan sebagai patron hakiki kebangsaan Indonesia.

"Cara-cara itu sudah kuno dan gampang terbaca karena rakyat sudah berpengalaman menghadapi musuh bersama yang mau mengobok-obok keutuhan NKRI, apakah itu taktik devide et impera ataupun kini bermain di atas prosedural demokrasi dan konstitusi," ungkapnya.

Apa pun itu, demikian Paskalis Kossay, Kaukus Papua di Parlemen RI telah bulat atau sepakat mendukung aspirasi rakyat Yogya, terutama menyangkut penetapan Sri Sultan sebagai Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Untuk itu, kami mendesak kepada pemerintah pusat agar memahami keinginan rakyat Yogya dan segera diakomodasi dalam RUU Keistimewaan Yogya. Jangan mau diatur oleh antek asing yang memang bertekad memorak-porandakan kita," ujarnya.

Ia juga mengajak semua elemen dan komponen bangsa untuk bersatu kukuh menentang setiap upaya elite tertentu yang berkolaborasi dengan pihak asing dalam merongrong segala identitas kebangsaan Indonesia.

"Saatnya daerah menyatu mendobrak elite tertentu yang diduga telah menjadi kaki tangan bangsa asing," kata Paskalis Kossay.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar