Senin, 14 Maret 2011

'Punakawan' Dukung Keistimewaan DIY

YOGYA (KRjogja.com) - Kunjungan kerja Komisi II DPR untuk mendapat masaukan soal RUUK DIY di Kompleks Kepatihan, Kamis (10/3) siang ini disambut dengan aksi menarik berupa beberapa orang menggunakan kostum punakawan dan prajurit jawa sebagai bentuk dukungan keistimewaan.

Ketua sekretariat Bersama Elemen Pendukung Keistimewaan DIY, Widhihasto Wasana Putra menjelaskan lakon dimainkan oleh Paguyuban Budaya Surojoyo Gunungkidul. Rombongan lain berbusana jawa datang dari paguyuban dukuh dan lurah se-DIY.

"Punakawan menjadi simbol rakyat kecil seperti filosofis dunia pewayangan. Dan, menegaskan bahwa rakyat kecil tetap mendukung penetapan Ngarso Dalem atau kawulo alit yang diperankan Semar, Petruk, Bagong dan Gareng," ungkapnya.

Dia menambahkan juga mengirim delegasi dari perwakilan dukuh dan lurah untuk berdiskusi sebagai perwakilan dari elemen pemerintah propinsi DIY.

"Kami akan terus melakukan dukungan dan mengawalnya. Termasuk untuk agenda besok di beberapa kabupaten dan pertemuan Komisi II DPR RI dengan semua elemen masyarakat di Gedung Graha Wana Bhakti Yasa. Disana kita akan melakukan pengerahan massa sekitar 500 orang," tandasnya. (Ran)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar